by

Pertemuan Pimpinan Pondok se Kabupaten Sidrap di PPTQ IBRAHIM.

-Pesantren-62 views

Silaturrahmi Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Sidenreng Rappang

 

SIDRAP – 12 April 2021 bertempat di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Ibrahim telah berlangsung Acara Pertemuan Anggota Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Sidenreng Rappang. Forum ini beranggotakan 11 Pondok Pesantren yang di bawah Naungan Kementerian Agama. Izin Operasional dari PPTQ Ibrahim yang terbit tahun 2020 yang lalu Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5131 menjadikan PPTQ Ibrahim sebagai Pondok Pesantren ke 11 yang ada di Kabupaten Sidrap. Dalam usia yang masih seumur jagung, tentunya PPTQ. Ibrahim akan terus berupaya untuk mewujudkan berbagai program jangka pendek dan jangka panjang guna terlaksananya Pendidikan Kepesantrenan berkualitas yang seiring dengan tuntutan zaman.

Acara yang dihadiri oleh Para tokoh Agama dan Pimpinan Pondok berlangsung khidmat. Yang dimulai dengan sambutan dari Ketua Yayasan Ibrahim La Useng Muh. Ikhsan Ibrahim. Beliau menyampaikan bahwa dengan komunikasi intens terkhusus bagi seluruh Pimpinan Pondok Pesantren di Kab. Sidrap, diharapkan bisa menjawab segala permasalahan dan tuntutan ummat yang kompeks seperti saat sekarang ini. Pondok Pesantren adalah tempat terbaik untuk mendidik generasi muda usia generasi milenial dan Generasi Z agar generasi Indonesia mampu menjadi penggerak pembangunan di masa mendatang. Karena selain Peserta didik dibekali ilmu agama, juga dibekali dengan ilmu pengetahuan yang akan berguna untuk perkembangan para santri ketika sudah selesai Pendidikannya di Pondok Pesantren.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah & Pondok Pesantren Sidenreng Rappang Bapak H. Muhammad Syairin, S.Ag., M.A. yang juga hadir dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa ada 5 syarat (unsur) pokok pesantren yang wajib dipenuhi dalam pendirian pondok pesantren antara lain :

  1. Kyai, tuan guru, gurutta/anre gurutta, inyiak, syekh, ajeuangan, ustad atau sebutan lain sesuai kekhasan wilayah masing-masing sebagai figur, teladan dan/atau sekaligus pengasuh yang dipersyaratkan wajib berpendidikan pondok pesantren.
  2. Santri yang mukim di pesantren minimal 15 (lima belas) orang
  3. Pondok atau asrama
  4. Masjid, mushalla, dan
  5. Kajian kitab atau dirasah islamiyah dengan pola pendidikan mu`allimin

Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Sidenreng Rappang Bapak DR. Muhammad Idris Usman, S.Ag,. MA, dalam acara ini menyampaikan pengalaman, suka dukanya ketika beliau menuntut ilmu di Pondok Pesantren. Ada keberkahan ketika anak-anak kita di masukkan Mondok di Pesantren, imbuhnya. Beliau juga mengatakan bahwa walaupun PPTQ. Ibrahim ini masih seumur jagung, tapi telah seringkali panen. Dengan fasilitas pendidikan yang baik dituntut juga SDM Pondok yang berkualitas, sebuah pesantren diharapkan mampu memberikan solusi dan bisa berinvonasi sesuai dengan tantangan zaman, tambahnya.

 

DOKUMENTASI ACARA

 

Comment

Leave a Reply

News Feed