by

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTs Ibrahim Uluale

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTs Ibrahim Uluale – PKKM atau yang lebih dikenal dengan sebutan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah adalah sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pengawas Kemenag atau TIM POKJAWAS Kemenag untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis serta menginterpretasi data suatu madrasah dalam rangka penilaian kualitas Kamad (Kepala Madrasah).

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTs Ibrahim Sidrap
Peningkatan kualitas yang dimaksud disini adalah penilaian kualitas terkait pelaksanaan tugas maupun fungsi sang Kepala Madrasah yang mana dilaksanakan berkala dalam kurun waktu tiap tahun maupun empat tahunan.
Proses penilaian kinerja kepala Madrasah dilakukan berdasarkan ketentuan Petunjuk Teknis SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 dengan dasar 5 komponen penilaian. Ke-5 penilaian yg dimaksud tadi dijabarkan dalam empat tugas utama kepala madrasah yang kemudian ditambah dengan satu komponen tambahan.

Dengan ketentuan tersebut maka ke-5 komponen yanng menjadi acuan penilaian antara lain Usaha pengembangan Madrasah, Pelaksanaan tugas managerial, Pengembangan kewirausahaan, Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, serta Hasil kinerja kepala Madrasah.

Untuk Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah akan dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) akan dinilai perempat tahun sekali.
Pada tanggal 17 Oktober 2020 MTs Ibrahim Uluale mendapat giliran kunjungan Pengawas Madrasah dan POKJAWAS Kemenag Kabupaten SIDRAP dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) untuk pertama kalinya.

Adapun tim penilai yang datang yakni Bapak Husain M., S.Ag., M.Pd.I. dan Ibu Wahida Saidu, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku POKJAWAS. Kedatangan beliau-beliau disambut meriah oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Ibrahim Uluale dan Guru-guru Beserta Staf Tata Usaha. Kegiatan penyambutan juga turut dimeriahkan oleh santri dan santriwati MTs Ibrahim Uluale melalui lagu sambutan guna mengiringi kedatangan TIM Penilai PKKM oleh Pengawas atau POKJAWAS Kemenag SIDRAP.

Penyambutan TIM PKKM oleh Santri MTs Ibrahim Uluale
Penyambutan TIM PKKM oleh Santri MTs Ibrahim Uluale

Proses penilaian berlangsung dengan begitu hangat yang dimulai dengan sambutan oleh salah satu tim penilai PKKM yaitu Ibu Wahida Saidu, S.Pd.I., M.Pd.I., beliau sangat bersyukur dan bangga dengan MTs Ibrahim Uluale karena diumurnya yang masih belia MTs yang dikepalai oleh Bapak Sirajuddin S.Pd.I.,M.A. ini mampu menyuguhkan banyak berkas dan sesuai instrument PKKM.

Proses Penilaian oleh Ibu Wahida Saidu, S.Pd.I., M.Pd.I
Proses Penilaian oleh Ibu Wahida Saidu, S.Pd.I., M.Pd.I

Bapak Husain M., S.Ag., M.Pd.I. juga turut mengapresiasi MTs Ibrahim yang mampu tampil dengan Gaya Madrasah kekinian dan sesuai dengan tuntutan zaman di era serba teknologi, baik itu sarana dan prasarana yang sudah begitu lengkap dengan konsep modern ditambah lagi dengan kelengkapan penyajian info secara digital yang dapat diakses melalui website resmi MTs Ibrahim Uluale yang di dalamnya selalu mengupdate berbagai informasi, baik itu terkait kegiatan santri maupun kegiatan lainnya terkait pengembangan MTs.

Pemeriksaan Berkas Penilaian PKKM oleh Bapak Husain M., S.Ag., M.Pd.I.
Pemeriksaan Berkas Penilaian PKKM oleh Husain M., S.Ag., M.Pd.I.

Dalam sesi akhir PKKM itu Bapak Kepala MTs Ibrahim Uluale menegaskan akan terus berusaha untuk lebih baik lagi dalam hal kelengkapan administrasi maupun berbagai pelayanan pendidikan lainnya untuk kedepannya dalam rangka mencapai visi dan misi MTs Ubrahim Uluale.

Tak lupa pula dalam kesempatan itu beliau sangat berterimakasih kepada TIM POKJAWAS atas berbagai nasihat dan saran yang diberikan dalam upaya pengembangan MTs Ibrahim uluale agar lebih maju dan berkompeten di masa mendatang.

Comment

Leave a Reply

News Feed